Kumpul Trik

Kumpulan trik komputer & Solusi masalah komputer. Tentang berbagai trik yang berhubungan dengan komputer.

Mempercepat Koneksi Modem Smartfren

Bagaimana mempercepat koneksi modem smartfren? Ya, itulah yang akan penulis bahas saat ini. Mengapa perlu dipercepat? Sudah pasti karena modemnya yang kurang memuaskan untuk kecepatan yang didapat. Penyebabnya bisa jadi karena modem yang cepat panas atau sebagainya. Selain itu paket data yang digunakan juga mempengaruhi kecepatan. Sebenarnya, apa saja yang menyebabkan koneksi pada modem ini kurang memadai?
 

Penyebab Lambatnya Koneksi Modem

Penyebab modem smartfren lambat antara lain sebagai berikut.

1. Sinyal Modem

Kenapa yang pertama sinyal modem? Ya, karena yang pertama kali dibutuhkan oleh modem ialah sinyal. Bukan hanya modem, sinyal juga dibutuhkan oleh perangkat lain seperti Handphone, Radio, dll. Sinyal pada modem smartfren ada dua (yang penulis pakai Modem Smartfren Connex EVDO CE682), yaitu sinyal 1X dan sinyal EVDO. Jika anda hanya memakai untuk menjelajah internet (browsing), maka jangan keduanya digunakan. Pakailah hanya sinyal EVDO. Karena jika ada dua sinyal, modem akan cepat panas dikarenakan berusaha untuk menangkap dua sinyal sekaligus.

2. Paket Data

Paket data yang anda pakai juga berperan penting dalam koneksi. Mengapa? Karena dari pihak smartfren sudah menentukan kecepatan maksimal dari modem untuk paket-paketnya. Misalkan, paket yang anda pakai “up to 3.1 mbps”, artinya modem (Anda) memiliki kecepatan maksimal 3.1 mbps. Jika dibandingkan dengan paket yang “up to 386 kbps”, maka paket ini akan lebih terasa lambat. Meskipun Anda tidak bisa mencapai kecepatan maksimal, tapi itu berpengaruh pada kecepatan.

3. Browser

Browser juga berperan untuk hal koneksi. Browser ada yang cepat atau pun yang kurang. Maka, pilihlah browser yang menurut anda cepat.

4. Spesifikasi Komputer

Spesifikasi Komputer maksudnya adalah bahwa keadaan komputer anda juga berperan. Misal, kalau RAM yang anda pakai dibawah standar, maka menjalankan aplikasi pun lambat.

5. Kecepatan Modem

Ini yang paling berpengaruh, karena kecepatan modem Anda pun membuat kecepatan lambat atau cepat. Misalkan, modem anda up to 3.1 Mbps, maka jauh berbeda jika memakai modem yang up to 14.7 Mbps. Jadi, hal itu yang terutama berpengaruh.

Langkah Yang Harus Dilakukan

Setelah mengetahui penyebab koneksi yang kurang, sekarang kita akan membahas Trik Mempercepat Modem Smartfren. Berikut langkahnya:

1. Mengubah Kecepatan Port COM Modem Smartfren

  1. Klik Menu Start
  2. Klik Run
  3. Ketik devmgmt.msc lalu tekan Enter

  4. Device Manager
  5. Klik Ports ( COM & LPT)
  6. Klik Properties Semua Port, tapi Satu persatu

  7. properties Port
  8. Pilih menu Port Setting
  9. Ubah Bits Per Second menjadi 128000 lalu Klik OK

2. Mengganti Mode Jaringan Menjadi EVDO Only

Ganti mode jaringan pada modem Anda yang sebelumnya Hybrid menjadi EVDO Only. Agar tidak cepat panas. Tentu, panasnya modem pun akan mempengaruhi kecepatan.

Smartfren UI

Untuk mengurangi panas pada modem, Anda bisa menambahkan heatsink fan pada modem atau menaruh kantung plastik berisi air di atas modem.

3. Mengganti Username & Password dengan yang lain

  1. Buka Smartfren User Interface, seperti gambar pada nomor 2
  2. Klik Settings
  3. Klik New
  4. Lalu isikan Username dengan cdma, Number dengan *99#, dan Password cdma
  5. Lalu isikan DNS Servers sebagai berikut. Primary DNS 8.8.8.8 dan Secondary DNS 8.8.4.4

Itulah yang dapat penulis sampaikan mengenai Mempercepat koneksi Modem Smartfren. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba, semoga sukses.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Trik Modem dengan judul Mempercepat Koneksi Modem Smartfren. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kumpultrik.blogspot.com/2013/01/mempercepat-modem-smartfren.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Shu - Sabtu, 12 Januari 2013

2 komentar untuk "Mempercepat Koneksi Modem Smartfren"

  1. apakah bisa dilakukan pada modem yg lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk langkah pertama bisa untuk modem lain. Namun untuk langkah kedua itu tergantung modemnya. Dan langkah ketiga pun bisa dilakukan tentunya dengan username dan password sesuai operator selulernya. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus

Silahkan berkomentar mengenai artikel pada blog ini. Namun, dilarang untuk spam. Terima Kasih.